Ketika kebugaran kardiovaskular reguler dan latihan beban mulai berjalan lancar, penting untuk menemukan cara untuk mengubah rutinitas sebelum menjadi membosankan. Olahraga klasik yang sering diabaikan adalah berenang. Ini adalah latihan berdampak sangat rendah yang memberikan hasil luar biasa pada bentuk tubuh manusia. Selain itu, berenang adalah olahraga yang bagus untuk seseorang dengan tingkat kebugaran apa pun. Apakah Anda baru memulai atau sudah bugar dan kencang, berenang adalah awal yang baik atau tambahan untuk rutinitas olahraga apa pun.

Berenang bukan berarti bermain air jadi ketika Anda mengunjungi kolam renang favorit Anda, penting untuk memiliki rencana. Ada berbagai macam olahraga air jadi bersiaplah untuk menggunakan internet untuk melakukan riset, kunjungi beberapa kelas kebugaran air dan putuskan rutinitas yang sesuai untuk Anda dan tingkat kebugaran Anda.

Lewatlah sudah hari-hari wanita tua montok mengenakan topi renang dan melakukan gerakan yang termasuk dalam rutinitas berenang yang disinkronkan. Tubuh seperti Dara Torres dan Michael Phelps adalah bukti kerja keras dan dedikasi yang dilakukan para perenang untuk menjaga tubuh mereka tetap kuat dan ramping.

Lama digunakan sebagai metode rehabilitasi untuk pasien yang cedera, berenang adalah pilihan kebugaran yang hampir tidak berdampak sama sekali untuk semua jenis tubuh, ukuran, dan tingkat kebugaran. Tidak memiliki tekanan pada lutut, pergelangan kaki dan sendi utama lainnya membuat renang ideal untuk seseorang yang mengalami obesitas, memiliki masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya atau baru mengenal kebugaran. Selain manfaat besar ini, berenang melatih semua kelompok otot utama sekaligus. Kaki, lengan, punggung, dada, pinggul, dan bokong semuanya bekerja secara bersamaan untuk membuat Anda tetap melayang. Jika Anda merasa tegang atau sakit di suatu tempat dari rutinitas normal Anda, berenang bisa menjadi alternatif sementara area itu sembuh.

Beberapa laporan menyatakan bahwa air memiliki hingga dua belas kali resistansi udara yang menyediakan platform yang bagus untuk mengencangkan dan memperkuat otot. Ada juga laporan yang menyatakan bahwa berenang tidak baik untuk menurunkan berat badan, gagasan bahwa airnya sejuk dan tidak memungkinkan Anda berkeringat adalah bahan bakar beberapa laporan ini. Namun, jantung dan paru-paru terlibat dalam berenang dan dapat memberikan aktivitas kardiovaskular sebanyak jogging lambat. Berhati-hatilah karena berenang di air yang lebih dingin dapat membuat seseorang cukup lapar, jadi pastikan untuk mengisi kembali energi itu dengan banyak makanan sehat dan cobalah untuk tidak menimbun kembali kalori yang terbakar dalam sesi berenang.

Baik itu gaya punggung, gaya dada, tendangan lumba-lumba atau tendangan turbo. Berenang adalah cara yang bagus untuk membakar kalori, meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan jangkauan gerak. Selama bulan-bulan dengan cuaca hangat, mungkin sulit untuk mendapatkan jalur di kolam komunitas, jadi mungkin ada baiknya membeli keanggotaan di gym atau pusat renang setempat. Masuk ke dalam air dan bergerak, jangan berhenti sampai kecepatan pernapasan meningkat dan otot terasa lelah. Jika ternyata Anda menikmati rutinitas dan manfaat berenang, mulailah menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Kalahkan waktu terbaik Anda dalam menyelesaikan satu mil di dalam air, bergabunglah dengan klub renang atau temukan acara kebugaran air untuk diikuti. Ada begitu banyak pilihan dengan aktivitas kebugaran yang hebat ini, jadi manfaatkan dan bersenang-senanglah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *