Intelijen Kompetitif adalah Komponen Penting dalam Pengambilan Keputusan Firma Hukum yang Lebih Baik

Keputusan penting firma hukum tidak boleh dibuat dalam ruang hampa. Sebaliknya, mereka harus dibuat dengan banyak informasi yang benar di tangan. Untuk banyak keputusan firma hukum, “informasi yang benar” berarti intelijen kompetitif.

Intelijen kompetitif didefinisikan sebagai program sistematis dan etis untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengelola informasi tentang lingkungan bisnis eksternal – informasi yang dapat mempengaruhi semua rencana, keputusan dan operasi firma hukum.

Intelijen kompetitif dapat berupa informasi tentang organisasi – seperti klien Anda, klien potensial, dan musuh. Ini bisa berupa informasi tentang firma hukum lain – seperti kolaborator, penasihat hukum lawan atau bahkan calon mitra merger. Ini bisa berupa informasi tentang kebutuhan hukum di industri atau pasar tertentu .

Intelijen kompetitif juga dapat berupa informasi tentang orang – orang – seperti orang yang akan Anda temui di hukum ketenagakerjaan bisnis lapangan, di ruang rapat, di ruang sidang (seperti penasihat hukum lawan atau saksi ahli) atau dalam wawancara perekrutan.

Dalam salah satu pengaturan ini, pengetahuan tentang perusahaan dan orang-orang adalah kekuatan.

Saat mengumpulkan intelijen kompetitif, ada cara yang salah dan cara yang benar untuk melakukannya. Cara yang salah dilambangkan oleh peretas komputer seperti Lisbeth Salander dalam The Girl with the Dragon Tattoo . Meskipun kami menikmati buku dan filmnya, dan ingin Lisbeth berhasil, kami tidak dapat memaafkan taktiknya. Spionase perusahaan semacam ini menghasilkan hiburan yang baik, tetapi bisnis yang buruk – dan tidak etis.

Pengumpulan etis intelijen kompetitif mematuhi semua hukum yang berlaku – domestik maupun internasional. Ini diperoleh dari sumber online dan cetak yang sah, baik dalam database publik maupun langganan. Ketika diperoleh melalui wawancara (baik dengan staf pesaing dan pelanggan yang ditargetkan atau sebagai penelitian lapangan Konsultan Hukum Bisnis umum), pewawancara etis mengungkapkan di depan identitas dan tujuan wawancara.

Sebelum memulai proyek penelitian kompetitif apa pun, Anda harus memiliki rencana. Berkat Internet, ada sumber daya yang hampir tidak terbatas di luar sana. Anda dapat membuang banyak waktu dan uang untuk mencari semuanya. Jika kami mengetahui tujuan Anda untuk proyek penelitian tertentu, kami dapat membantu Anda memusatkan sumber daya Anda pada sumber yang paling mungkin, valid dan dapat diandalkan untuk tujuan Anda.

Intelijen kompetitif pada perusahaan, pesaing, dan musuh

Beberapa sumber intelijen kompetitif tentang perusahaan, pesaing, dan musuh dibayar dan sebagian lagi gratis untuk publik. Karena sifat pekerjaan mereka, banyak firma hukum dan pustakawan hukum telah memiliki akses ke banyak sumber berbayar. Ini termasuk produk yang ditawarkan oleh raksasa industri LexisNexis dan Thomson West.

Untuk penelitian industri, profesional intelijen kompetitif juga suka menggunakan produk bernama Mendalam, ditawarkan oleh MarketReserch.com. Mereka menawarkan berbagai macam laporan untuk pembelian. Seluruh laporan bisa mahal, tetapi jika Anda tahu persis apa yang Anda cari, Anda dapat memesan hanya sebagian dari laporan dengan biaya lebih rendah.

Dan jangan lupa. Banyak dari sumber daya berbayar ini tersedia untuk Anda gunakan secara gratis di perpustakaan umum setempat.

Sumber daya gratis untuk penelitian perusahaan termasuk llrx.com dan Panduan Penelitian Zimmerman. Dalam database-nya, Zimmerman menawarkan tautan ke informasi perusahaan dan personel perusahaan. Kedua situs ini adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda mencoba mendapatkan gambaran umum tentang jenis penelitian yang ada di luar sana.

Produk Pengejaran Virtual oleh Justia.com menawarkan penelitian bisnis serta sumber daya hukum kabupaten dan kota. Informasi tentang perusahaan dapat ditemukan di Hoovers, Yahoo! Keuangan, Google Finance, informasi perusahaan Nexis, dan Valuation Resources.com.

Banyak penelitian bagus tersedia dari Google. Kita semua tahu bagaimana melakukan pencarian Google, tetapi pencarian dan hasil yang lebih baik tersedia melalui Google Advanced General Search Page. Google Scholar dan Google Advanced Scholar Search menawarkan hasil berguna yang telah ‘dibersihkan’ dari hasil pencarian biasa.

Situs pengadilan dan pemerintah – terutama kantor Sekretaris Negara – mencakup catatan publik dan banyak informasi berguna. Jika Anda ingin tahu kemana arah perusahaan, periksa Basis Data Kantor Paten dan Merek Dagang AS.

Profil intelijen kompetitif

Saat bersiap untuk bertemu dengan klien potensial, pengacara sering meminta pemasar atau pustakawan untuk menyiapkan profil klien. Terlalu sering, ini dilakukan hanya beberapa jam sebelum pertemuan yang dijadwalkan – dan kita perlu berebut.

Bahkan dengan waktu tunggu yang sangat sedikit, Anda akan terkejut dengan banyaknya informasi yang dapat Anda peroleh hanya dengan mengunjungi dan menambang situs web klien potensial. Anda juga harus mencari halaman perusahaan atau perusahaan di situs media sosial.

Jika Anda memiliki waktu persiapan yang lebih sedikit – seperti proposal atau kontes kecantikan yang dihasilkan – Anda dapat mempelajari latar belakang klien lebih dalam. Sumber yang baik untuk perusahaan publik termasuk pengajuan SEC. Sumber yang baik untuk perusahaan swasta termasuk laporan Dun dan Bradstreet.

Profil yang baik membahas beberapa atau semua (tergantung pada waktu dan keterampilan penelitian Anda) dari kategori ini:

  • Fakta singkat
  • Sekilas Perusahaan
  • Segmen bisnis
  • Produk dan Layanan
  • Mitra bisnis
  • Jajaran direktur
  • Eksekutif kunci
  • Perkembangan kunci
  • Klien perwakilan
  • Masalah hukum dan litigasi
  • Lokasi
  • Studi kasus
  • Informasi paten
  • Strategi pemasaran
  • Pesaing
  • Sumber
  • Artikel berita

 

Dipersenjatai dengan jenis informasi ini, pengacara dan firma hukum Anda siap untuk membuat keputusan yang baik tentang bagaimana mendekati klien potensial (atau siapa pun), dan bagaimana membuat kesan yang baik setelah kontak dilakukan.

Kecerdasan kompetitif pada manusia

Terkadang Anda membutuhkan informasi tentang individu daripada perusahaan. Orang ini bisa saja klien, calon klien, pesaing, penasihat hukum lawan, calon karyawan, atau calon mitra merger. Ketika Anda mengetahui sesuatu tentang orang yang Anda temui, Anda dapat membuat rencana dengan tepat.

Terkadang, Anda membutuhkan jenis informasi lain tentang orang. Misalnya, Anda mungkin perlu melacak mantan karyawan atau calon saksi. Ketika orang seperti itu telah ‘keluar dari jaringan’ secara elektronik, Anda mungkin tidak punya banyak hal untuk dilanjutkan. Di sinilah kreativitas berperan.

Dalam satu kasus seperti itu, seorang mantan eksekutif telah pergi dari perusahaan selama lima tahun. Dia memiliki nama yang sama, yang membuat pencariannya semakin sulit. Seseorang ingat dia mengatakan bahwa dia ingin mengambil alih pertanian keluarganya. Dengan menggunakan database subsidi pertanian dan mempersempit pencarian berdasarkan wilayah geografis umum dan usia pria tersebut, kami dapat menemukannya untuk klien kami.

Alasan lain untuk mencari orang adalah untuk mendapatkan informasi kontak mereka untuk digunakan dalam database pemasaran. Sumber informasi kontak yang baik termasuk direktori telepon, direktori profesional, dan agen perizinan profesional (jika Anda mengetahui profesi seseorang). Sumber online termasuk pencarian di Yahoo! Orang-orang.

Banyak sumber daya komersial dan umum yang disebutkan di bagian penelitian “perusahaan” dalam artikel ini berfungsi dengan baik untuk orang-orang.

Pakar intelijen kompetitif sering menggunakan situs bernama Jigsaw, milik Salesforce. Ini adalah database kontrak bisnis-ke-bisnis yang diisi oleh pemasar dan penjual di seluruh negeri. Dengan menyumbangkan kontak mereka, pengguna mendapatkan akses ke database. Ini mencakup 30 juta kontak. Ini adalah sumber yang sangat baik untuk informasi kontak individu di bawah eksekutif tingkat-c biasa yang muncul di sebagian besar direktori.

Jika Anda mengetahui lokasi seseorang, Anda dapat mencari media lokal dan regional untuk menyebutkan nama dan aktivitas mereka. Media sosial – seperti Martindale Hubbell, LinkedIn, Facebook, Google+, Twitter, dan YouTube – juga merupakan sumber yang bagus. Begitu juga pencarian blog. Media sosial menyertakan informasi kontak, tetapi mereka juga memperluas penelitian Anda dengan “obrolan” yang tidak terlalu formal tentang orang-orang, aktivitas mereka, dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Dalam mengumpulkan informasi tentang orang-orang, Anda ingin menggunakan berbagai macam sumber – dan Anda ingin sangat berhati-hati dalam memvalidasi informasi apa pun yang Anda temukan sebelum menindaklanjutinya. Ada banyak informasi yang salah di luar sana. Ada juga masalah privasi.

Saat ini, informasi tentang perusahaan dan individu tersedia secara luas. Faktanya, Anda bisa dengan mudah tenggelam dalam semua data. Triknya adalah memfokuskan pencarian Anda dalam terang tujuan bisnis Anda. Dengan informasi ini di tangan, Anda memiliki posisi yang baik untuk membuat keputusan yang baik tentang masa depan firma hukum Anda – dan pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *